Minggu, 09 November 2008

Sekilas KARS

KARS singkatan dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit. KARS merupakan lembaga independen yang bekerja menilai rumah sakit yang beranggotakan dari Departemen Kesehatan dan dari rumah sakit di seluruh Indonesia.
KARS ini bertujuan menilai rumah sakit agar supaya rumah sakit tersebut bekerja memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Tujuan akreditasi yang dinilai oleh KARS adalah melindungi pasien, melindungi orang yang bekerja didalam rumah sakit, melindungi pemilik rumah sakit supaya benar dalam memberikan pelayanan kesehatan.
Apakah hasil penilaian KARS terhadap kelulusan suatu rumkit berkorelasi dengan peningkatan pelayanan kesehatan ?

2 komentar:

vera rsb ptk mengatakan...

Terima kasih,dokter...?! Berkenan memberi wawasan ttg akreditasi rumkit bhayangkara.Mgkn scr umum blh mengacu pd depkes tp bgmn kl rs.bhayangkara pnya tim kars sendiri n standar sendiri.Krn kita rs swasta bukan negeri juga bukan.Jd lbh setuju ke arah BLU utk merujuk ke akreditasi.Tp tlg ditambah referensi ttg pokja keperawatannya..Trims.Salam hormat.

wawa wiwi mengatakan...

KARS sendiri sebenarnya juga punya anggotanya yg terdiri dari beberapa dokter maupun perawat yang diambil dari rumkit bhayangkara, istilahnya KARS itu independent, dari kita untuk kita. Dari rumkit bhayangkara sendiri setelah berencana terakreditasi dilanjutkan persiapan BLU. Pokja Keperawatan adalah standart yang paling banyak parameternya dibanding lainnya dan sulit untuk memenuhinya, karena kemungkinan belum ada sumberdaya keperawatan yang memadai, kebanyakan sumberdayanya keperawatan di lingkup polri masih lulusan SPK dan kurang memiliki S1 keperawatan. Sabar deh nanti aku up load referensinya. Trims