Jumat, 19 Desember 2008

Instrument Pok Ja


Masing-masing PokJa mempunyai instrument sendiri-sendiri. Standartnya sama Parameternya berbeda dari jumlahnya dan isianya. Didalam Instrument tersebut ada beberapa singkatan. S = Standart, P = Parameter jadi ada istilah S.1.P.2 = Standar 1 Parameter 2. Ada Standar 4 parameter 1 ini standar yang paling berat dan besar, tapi enak setelah disembelih terus dimasak, dimakan rame-rame. S.4.P.1 = SAPI (hehehehe).
Ada D.O. = definisi operasional; C.P. = Cara penilaian; D = Dokumen/ Data; O = Obyektif; W = wawancara ( Semoga nggak salah...hihihi)
Ada penilai sebelum tanya ini -itu sudah tanya singkatan-singkatan tersebut. Jawaban dari masing-masing anggota pokja tersebut beda-beda. Wah... ini sudah nggak bener kerjanya, keliatan belum menguasai materi nih! Jangan sampai tidak bisa, sebelum penilai melakukan wawancara/ diskusi, samakan persepsi dulu sesama anggota pokja! meskipun salah tapi kompak nggak apa-apa, kadang penilai juga nggak pede kalo kita yakin cara menjawabnya.( Maklum mereka sudah sepuh...hihi)

1 komentar:

tikamanis mengatakan...

Assalamu'alaikum, Pak Iwan

Alhamdulillah saya menemukan blog bapak. Saya tika dari RSB Duren Tiga, saat ini RS kami sedang ingin akreditasi. Saya sangat berharap setelah saya buka dokumen dari Bapak, dapat membantu dalam penyusunan kelengkapan instrumen akreditasi. Tapi mohon maaf pak, waktu saya buka, kenapa saya hanya bisa dapatkan analisa tenaga keperawatan dan RM saja ya Pak? sedangkan waktu saya buka instrumen yang lain, dokumennya sama semua. Saya sangat berterima kasih kepada Bapak telah membuatkan layanan blog ini. Besar harapan saya, kiranya Bapak dapat membantu untuk memberikan contoh demi kelengkapan instrumen akreditasi RS (seperti co. SK, SOP, dll). Terima kasih Pak